Kapolres Wonosobo Cek Korban Sambaran Petir Yang Masih Dirawat

tribratanewswonosobo.com –Setelah menjalani perawatan di RSUD Wonosobo, akhirnya 6 orang pendaki Gunung Prau yang tersambar petir pada Minggu (23/4) siang diperbolehkan pulang. Mereka diantar Pihak keluarga, rumah Sakit dan Polres Wonosobo kembali ke Jakarta menggunakan bus pada Selasa (25/4) pagi. Hal ini berarti tinggal 2 orang lagi korban yang masih dalam perawatan tim medis yaitu Danang, warga Cipinang dan Muhammad Ikbal, warga Sunter. Keduanya dirawat karena masih mengalami gangguan pada bagian jantungnya.

Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K. melalui Kasubbag Humas AKP Agus Priyono menyatakan bahwa saat ini Korban Muhammad Ikbal masih dirawat di ruang ICU (Intensif Care Unit) sementara Korban Danang dirawat di ruang HCU(High Care Unit). “Keduanya sudah mulai tahap pemulihan. Untuk korban Danang yang mengalami luka bakar di bagian punggung sebenarnya sudah mau dibawa pulang pihak keluarga. Namun masih menunggu pengecekan oleh Dokter Spesialis hari ini,” katanya.

Selanjutnya, Kasubbag Humas menyayangkan beberapa pemberitaan yang salah berkaitan dengan kejadian tersebut. “Jadi pada saat kejadian, korban bukan berselfie atau naik pohon untuk mencari sinyal melainkan sedang memasang bivak (tenda) dan persiapan makan siang,” ujarnya. “Dimungkinkan lokasi tempat mereka mendirikan bivak adalah bekas tower pemancar telekomunikasi yang masih ada sisa ‘ground’. Jadi petir menyambar di lokasi tersebut,” ungkap Kasubbag Humas

“Kejadiannya berlangsung begitu cepat. Tiba-tiba saja petir dan kilat menyambar 2 kali. Para korban langsung jatuh terpental. Beberapa diantaranya bahkan sempat tidak bergerak. Akhirnya setelah ditolong oleh sesame pendaki dari rombongan lain, diketahui ada 3 orang yang tidak tertolong,” lanjutnya.

Untuk menghindari kejadian tersebut terulang, untuk sementara jalur pendakian ke Gunung Prau ditutup selama seminggu. “Alasannya adalah cuaca ekstrim yang masih melanda Gunung Prau dan sekitarnya. Beberapa hari belakangan ini puncak Gunung Prau masih dilanda hujan deras dan badai petir. Jadi dari BPBD, Pengelola basecamp bersama Perangkat Desa Patak Banteng dan Polsek Kejajar Polres Wonosobo memutuskan menutup sementara jalur pendakian,” kata Sabarno, Petugas BPBD. “Jika ada yang wisatawan yang sudah terlanjur datang, kami sarankan untuk mendaki puncak Sikunir saja,” imbuhnya.

3 Trackbacks & Pingbacks

  1. GVK BIO
  2. In Vitro Pharmacology
  3. DMPK Services

Comments are closed.