Kapolsek Hadiri Tradisi Bedah Telaga Ladan

Tribratanewswonosobo.com-Kapolsek Kaliwiro, AKP Mun Sudaryanto menghadiri tradisi bedah telaga Ismoyo Jati atau telaga Ladan di dusun Ladan, desa Pesodongan, Kec.  Kaliwiro, Jumat (7/10).

Acara dihadiri oleh Ir. Mahargono dari Disnakan Kab Wonosobo, Muspika, Kades beserta perangkat dan sesepuh desa dan tamu undangan.

Pagi itu, ratusan warga Ladan Pesodongan sudah menunggu di tepi telaga dengan membawa wadah dan peralatan untuk menangkap ikan.

Aparat dari Polsek Kaliwiro pun tampak mengamankan acara tersebut dengan melakukan tindakan preemtif dan preventif.

Usai sambutan singkat dari Kades dan dilanjutkan dengan doa keselamatan, telaga yang awalnya berkedalaman lebih kurang 1,5 meter dikurangi debit airnya dengan membuka saluran pembuangan.

Setelah ada aba-aba dari Kades, warga secara serentak turun ke telaga untuk menangkap ikan. Berbagai jenis ikan air tawar bisa ditemukan di telaga ini, sidat dan udang pun ada. Ikan yang didapat bisa dibawa pulang untuk dimakan.IMG-20161007-WA0020

” Yang aneh, ikan di telaga ini entah asalnya dari mana kami tidak ada yang tahu, tapi saat telaga dibedah ada.

Kalau sengaja ditabur benih ikan malah tidak ada, dulu pernah ada yang menabur belasan ribu  benih ikan Tawes dan Melem tapi sewaktu telaga dibedah satupun tidak ditemukan jenis ikan tersebut “, kata Sumitro, juru kunci telaga.

” Tradisi bedah telaga sudah turun temurun sejak lama, dilaksanakan 3 tahun sekali tepatnya pada bulan Suro hari Jumat Kliwon “, jelas Suratno, S.H., M.M, Kades Pesodongan.IMG-20161007-WA0048

 

3 Trackbacks & Pingbacks

  1. seedbox
  2. GVK BIO
  3. zdporn

Comments are closed.