Kejadian Pasca Latihan Sispamkota, Ini Tanggapan Polres Wonosobo

Polres Wonosobo – Menanggapi adanya komplain masyarakat tentang menyebarnya gas air mata di sekitar alun-alun Wonosobo pasca latihan Sispamkota, Polres Wonosobo langsung menyampaikan tanggapannya. Kasubbag Humas Polres Wonosobo AKP Marino, S.H., M.H. yang ditemui dikantornya pada Kamis (08/02) pagi, langsung mengungkapkan permohonan maafnya.

“Penggunaan gas air mata memang susuai dengan prosedur tetap dan skenario yang direncanakan. Lokasi di sekitar area juga sudah kami sterilkan. Namun karena pada saat peledakan ada angin yang berhembus kencang, jadi dimungkinkan ada sebagian yang berhenbus ke lokasi sekitar,” katanya. “Kami menerima komplain melalui media sosial. Untuk itu, dengan ini kami meminta maaf atas apa yang diakibatkan kejadian tersebut,” lanjut Kasubbag Humas.

Namun Kasubbag Humas juga menyayangkan adanya informasi yang tidak benar berkaitan dengan kejadian itu, seperti adanya pengendara kendaraan yang sampai muntah-muntah karena terkena efek gas air mata maupun terganggunya pembelajaran di TK Pertiwi Setda. “Jarak sebar efektif gas air mata kurang dari 50 meter. Sedangkan lokasi perempatan Setda dan TK Pertiwi lebih jauh dari itu. Jadi, sekalipun terkena efek, namun tetap tidak akan parah,” katanya.

“Kami juga berterimakasih kepada warga masyarakat yang telah memberikan masukan kepada kami. Kedepannya, hal ini akan jadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan tugas kedepan,” pungkas AKP Marino.