Pastikan Natal Aman, Polres Wonosobo Siapkan Tim Sterilkan Gereja

Jelang perayaan Natal 2017, Polres Wonosobo bersiap melaksanakan pengamanan. Kegiatan diawali dengan apel pergelaran pasukan di Alun-alun Wonosobo, Kamis (21/12). Diikuti oleh lebih dari 500 personel gabungan dari Kodim, Polres Wonosobo, Dishubkominfo, Linmas, Saka Bhayangkara dan Senkom Mitra Polri, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, S.E., M.M.

Setelah kegiatan, dilanjutkan dengan pemeriksaan perlengkapan dan kendaraan yang akan digunakan selama pengamanan Natal dan Tahun Baru. Bupati sempat mencoba menggunakan tempat tidur lapangan (fieldbed) yang akan disediakan di Pos Pengamanan. Bukan hanya itu, bahkan, Wakil Bupati Wonosobo, Ir. Agus Subagyo, M.Si. juga sempat mencoba pakaian anti huru-hara yang akan digunakan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Ini anti peluru tidak?” guraunya.

Selain menggelar personel dan peralatan, Polres Wonosobo juga telah menyiapkan tim khusus untuk melaksanakan strerilisasi gereja dari bahan peledak maupun barang berbahaya lainnya. Tim ini nantinya akan melaksanakan pemeriksaan di gereja menjelang dilaksanakannya misa. Dengan mengandalkan anjing pelacak dan metal detector, diharapkan, tim ini mampu mendeteksi dini apabila ada bahan peledak maupun bahan berbahaya lain yang diletakkan orang tidak bertanggungjawab di dalam maupun lingkungan gereja.

Ditemui seusai kegiatan, Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras, S.I.K. mengungkapkan pihaknya akan fokus melaksanakan pengamanan perayaan Natal tahun ini. “Kami akan menempatkan personel di seluruh gereja di wilayah Wonosobo yang berjumlah 40 gereja. Ada 9 gereja di wilayah kota Wonosobo yang merupakan prioritas pengamanan. Namun untuk gereja lain, kami juga telah menempatkan personel tambahan sebagai langkah antisipasi,” jelasnya.

Sementara itu Kabagops Polres Wonosobo Kompol H. Ahmadi, S.Ag., M.H. menghimbau kepada seluruh organisasi kemasyarakatan untuk tidak melakukan aksi sweeping maupun kegiatan lain yang bersifat kekerasan. “Kami akan melakukan penindakan tegas jika hal tersebut dilakukan,” ungkapnya. “Kami juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar ikut serta menjaga situasi yang kondusif di Wonosobo. Demi kenyamanan kita bersama,” pungkasnya.​