Patroli Pasar, Polres Wonosobo Gencar Imbau Taati Prokes

Aparat gabungan Kodim, Polres dan Satpol PP Kabupaten Wonosobo menggelar operasi gabungan dan sosialisasi pemakaian masker dalam rangka menekan penyebaran virus covid – 19 di wilayah Kabupaten Wonosobo. Sekaligus membagikan masker gratis kepada pelanggar prokes  di Pasar Reco Kecamatan Kertek pada Sabtu (19/6) pagi.

“Operasi dan pembagian masker gratis ini dilaksanakan dalam rangka menekan penyebaran virus covid-19, karena masih banyak warga yang tidak mengindahkan pentingnya penggunaan masker. Guna menertibkan masyarakat maka aparat gabungan melaksanakan operasi penggunaan masker sekaligus himbauan pencegahan covid-19,” ungkap IPtu Wahyu Nur Wibowo,S.H selaku perwira pengedali di lapangan

Menurutnya, kegiatan dilakukan bersama ini sebagai bentuk sinergitas TNI – Polri Kecamatan dan Puskesmas untuk menghimbau sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait selalu mematuhi (5M) (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, menjaga jarak, menghidari kerumunan, mengurangi mobilitas).

“Kegiatan tersebut menyasar para pengguna jalan baik pengendara roda dua dan roda empat. Bagi warga yang tidak menggunakan masker diperingatkan atau ditegur secara persuasif dan selanjutnya yang bersangkutan disanksi berupa denda atau sanki social sedangkan bagi pelanggar yang tidak memakai masker kita beri masker gratis.masih banyak warga yang belum patuh terhadap protokol kesehatan Covid19 di saat melakukan aktifitas keluar rumah,” bebernya.

Iptu Nur Wahyu Wibowo menyampaikan kepada seluruh masyarakat dan para pelaku usaha agar tetap menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi ini. Dengan tujuan untuk pencegahan, penyebaran dan percepatan penangangan dampak Covid-19. Sehubungan dengan hal tersebut maka masyarakat dan pelaku usaha agar dalam melaksanakan aktifitas selalu menerapkan protokol kesehatan, adanya pembatasan jam buka.

Dan yang tidak kalah penting dalam kehidupan sehari – hari kepada masyarakat jika keluar rumah wajib hukumnya menggunakan masker serta rajin cuci tangan memakai sabun di air yang mengalir.  Selalu jaga jarak bila berinteraksi dengan orang lain.