Polmas Durensawit Polres Wonosobo Latih PBB dan Gerakan Lalu Lintas Kepada Linmas

Polres Wonosobo , Polsek Leksono

Polres Wonosobo – Linmas merupakan perwujudan tanggung jawab dan peran serta segenap warga negara terhadap keselamatan umum masyarakat lingkungannya. Satlinmas di desa merupakan kekuatan utama dalam upaya perlindungan masyarakat pada saat terjadi bencana, pengungsian, kamtibmas dan sosial kemasyarakatan. Pengelolaan linmas adalah tanggung jawab Negara di Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dalam rangka peningkatan kapasitas anggota linmas Desa Durensawit, Polsek Leksono melalui Polmasnya Briptu M Anas berikan pelatihan peraturan baris berbaris dan 12 gerakan pengaturan lalu lintas kepada anggota linmas yang diadakan di Lapangan Desa Durensawit

Kepala desa Durensawit, Yanto saat ditemui menghimbau dan berharap agar para anggota linmas lebih aktif merespon keadaan dan ancaman lingkungan di wilayah masing-masing dan melaporkan keadaan tersebut kepada kepala wilayah yaitu dukuh. “Jika memang informasi tersebut bisa lebih dini disampaikan, Pemerintah Desa dengan Muspika bisa segera melakukan koordinasi untuk melakukan tindakan antisipasi sebelumnya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Briptu Anas mengatakan jika kegiatan tersebut bertujuan mendidik dan melatih disiplin para Linmas. “Agar  anggota Linmas dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga Linmas sebagai bagian masyarakat dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat bela negara , dan siap saat terjadi berbagai macam kejadian yang ada dimasyarakat,” kata Polmas Durensawit Briptu Anaser

Sementara itu, para anggota linmas yang dilatih, menyambut baik kegiatan tersebut. “Dengan pelatihan PBB dan 12 gerakan lalu lintas sangat penting sehingga bisa memberikan contoh kepada warga lain tentang tata tertib berlalu lintas, apalagi linmas tidak jauh dengan pelayanan masyarakat dengan seringnya acara hajatan warga. Sehingga sangat terbantu dengan gerakan lalu lintas.” katanya.