Polsek Wadaslintang Polres Wonosobo Turut Kawal Vaksinasi ODGJ dan Disabilitas di Desa Karanganyar

Polres Wonosobo – tribratanews.wonosobo.jateng.polri.go.id ǀ Personel Polres Wonosobo memberikan pendampingan khusus pemberian vaksin Covid-19 kepada ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan disabilitas.

Polsek Wadaslintang  bekerjasama dengan Puskesmas Wadaslintang Kabupaten Wonosobo secara Mobiling  menyasar vaksinasi ODGJ dan Disabilitas, Rabu (06/10).

Kapolsek Wadaslintang Iptu Waryanto mengatakan, hari ini ada 22 sasaran ODGJ dan disabilitas di Desa Karanganyar Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo.

Vaksinasi yang diberikan dilakukan dengan cara mendatangi satu persatu rumah ODGJ dan disabilitas

“Jumlah ODGJ dan disabilitas yang divaksin di Desa Karanganyar dengan sebanyak 22 orang”, terang Kapolsek

“Satu tim gabungan terdiri dari tenaga kesehatan, Polsek Wadaslintang, Babinsa dan Perangkat Desa Karanganyar mendatangi door to door rumah ODGJ serta melakukan pendekatan kepada keluarga dan peserta vaksin”, lanjut Iptu Waryanto.

Tidak dipungkiri, vaksinasi ini membutuhkan keahlian khusus, petugas pun banyak menemui kesulitan karena yang dihadapi beberapa di antaranya adalah orang dengan gangguan kejiwaan.

“Alhamdulillah, vaksinasi pada 22 orang di Desa Karanganyar seluruhnya menenuhi syarat untuk dilakukan vaksin”, ungkap Kapolsek.

Iptu Waryanto menegaskan kegiatan pengamanan dan pengawalan vaksinasi pada ODGJ dan disabilitas merupakan wujud dukungan Polri pada pemerintah dalam mendistribusikan vaksin kepada masyarakat dari berbagai kalangan.

Selanjutnya, Kapolsek mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan kesehatan diri saat beraktivitas, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M, yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan dan mengurangi mobilitas.